Senin, 06 Februari 2012

Laporan hasil Diskusi Mengenai Kelestarian Kayu


Laporan Hasil Diskusi Januari 2012
Topik : Kelestarian Kayu
Pembahasan : soal nomor 3
Pertanyaan : Bagaimana caranya agar hutan-hutan di Indonesia terjaga kelestariannya,
jelaskan !
Jawaban:
Indonesia, salah satu Negara dengan luas hutan terbesar di dunia. Tidak heran Indonesia mendapat julukan paru-paru bumi.
Hutan merupakan penghasil oksigen terbesar yang berfungsih sebagai pembersih udara dan menjadi tempat tinggal berbagai hewan. Selain itu, hutan juga menjadi sumber mata pencarian penduduk , dengan memanfaatkan hasil dari hutan tersebut.
Hutan memiliki sumber daya alam yang melimpah serta berbagai manfaat. Tidak ada salahnya kita memanfaatkan hutan sebagai sumber penghasilan namun, kita juga harus pandai-pandai memanfaatkannya. Salah satu sumber pencarian yaitu kayu, yang dari dulu hingga kini masih digunakan untuk berbagai kebutuhan contoh ; untuk keperluan rumah tangga.
Seiring dengan waktu, luas hutan semakin lama semakin berkurang. Dampak berkurangnya luas hutan sudah jelas terlihat yaitu sering terjadi banjir, hewan-hewan punah karena tidak ada tempat tinggal serta yang menjadi pembahasan diberbagai media masa yaitu Pemanasan Global atau Global Warming, dimana cuaca di bumi sudah tidak menentu lagi.
Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah dampak dari penebangan pohon secara liar, berikut ini upaya-upaya pemerintah dalam mengurangi efek negarif dari rusaknya hutan, yaitu :
  • sosialisasi dengan masyarakat tentang pentingnya pohon bagi kelangsungan hidup
  • membuat undang-undang pelarangan penebangan hutan secara liar (Illegal Logging)
  • membuat gerakan penanaman pohon sejak dini
  • menyebarkan slogan tentang pentingnya hutan
  • serta, memasukan pengaruh kerusakan hutan dalam kurikulum pembelajaran
dan masih banyak lagi, namun peran utama masayarakat juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan program-program pemerintah tadi. Karena jika masyasrakat tidak berperan sama sekali dalam program ini maka dampak negatif akan dirasakan oleh masyarakat itu sendiri.
Bukan berarti upaya/program pemerintah bersifat memaksa. Jika memang kita tidak punya waktu luang atau dana yang cukup , kita dapat melakukan usaha berikut tanpa harus menuju hutan khususnya bagi masyarakat kota.
  • Membuat berbagai gerakan menanam pohon ketika akhir pekan
  • menyediakan lahan khusus ditanami 1 pohon atau lebih
  • menggalang dana untuk biaya penanaman hutan kembali
  • jika melihat penebang hutan atau orang lain yang mencurigakan, segera laporkan kepada aparat setempat
  • melakukan kampanye kelestarian hutan melalui mesia massa
  • jangan membuang sampah sembarangan
usaha atau upaya di atas tadi sudah dapat membantu menjaga kelestarian hutan. Hutan merupakan paru-paru bumi. Kelestarian hutan memang sangat penting bagi masa depan anak cucu kita nanti.

1 komentar:

kabul Pusat Sepatu Bagus mengatakan...

artikel bagus

Poskan Komentar