Kamis, 24 Februari 2011

Share Video dan Foto dari flickr

Ini masih berkaitan dengan kerjasama yang semakin erat antara Yahoo! dengan Facebook, setelah berbagai integrasi Facebook dengan Yahoo!, seperti integrasi kontak dari Facebook ke Yahoo! Mail dan yang terbaru adalah Yahoo! Pulse dimana pengguna bisa melihat, melakukan update status dari Yahoo! ke Facebook.
Tidak perlu menunggu lama untuk melihat berbagai layanan lain dari Yahoo! yang terintegrasi secara lebih jauh dengan layanan dari Facebook, kini giliran Flickr mendapatkan fasilitas integrasi ini. Para pengguna Flickr kini bisa langsung share foto atau video yang mereka upload ke timeline atau feed di akun Facebook mereka.
Pengumuman resmi tentang integrasi ini diumumkan Flickr beberapa hari yang lalu, dan bertujuan untuk memudahkan para pengguna dalam melakukan sharing foto atau video di Facebook. Untuk mendapatkan fasilitas ini anda cukup melakukan beberapa pengaturan. Jika anda mempunyai akun Flickr serta mempunyai akun Facebook maka setelah anda sign-in di akun Flickr, klik nama anda untuk masuk ke pengaturan akun.

Lalu pilih link Sharing & Extending, maka akan muncul dua pilihan untuk membagikan foto yang anda telah upload. Klik pilihan edit untuk merubah pengaturan update ke Facebook. Setelah selesai, maka kini, setiap foto atau video yang anda upload di Flickr akan otomatis muncul di feed akun Facebook anda.
Untuk masalah privasi, Yahoo! sepertinya tidak mau mengambil kesalahan yang dilakukan Facebook, pengguna diberikan pilihan atas kontrol untuk foto atau video yang mereka upload, artinya hanya foto atau video yang memang telah diatur sebagai foto atau video publik, yang akan secara otomatis muncul di Facebook.
Integrasi ini, seperti yang diumumkan lewat blog Flickr, menggunakan platform Yahoo! Updates, merupakan platform dari Yahoo! yang memungkinkan pengguna untuk membagikan dan melihat berbagai aktivitas dari berbagai social network, termasuk Yahoo!.
Pada tampilan update dari Flickr di feed Facebook akan terdapat keterangan bahwa anda melakukan upload dari Flickr, termasuk juga ada logo serta keterangan update via Yahoo!. Selain itu, muncul pula keterangan tentang judul foto, keterangan tags, serta link untuk melihat koleksi foto lainnya di album Flickr.
Bagi pengguna aplikasi Flickr dan juga Facebook seperti saya, penambahan fitur ini cukup berguna, minimal saya cukup melakukan pengaturan satu kali untuk melakukan update di dua social network yang berbeda, meskipun banyak aplikasi lain yang bisa memberikan layanan yang mirip dengan fitur ini, misalnya dengan aplikasi Dropico, yang juga pernah dibahas di DailySocial, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan update ke berbagai social network hanya dengan melakukan drag-n-drop foto yang telah di upload ke layanan tertentu untuk dipindahkan atau ditambahkan ke social network lain. Tapi tentu saja, jika fitur share ini telah disediakan di Flickr sendiri, saya akan memilih untuk menggunakan layanan share langsung di Flickr.
Bagaimana dengan pendapat anda, apakah anda yang menggunakan akun Flickr serta Facebook akan mengaktifkan fitur ini di akun anda? Atau anda lebih memilih untuk melakukan upload di kedua layanan ini secara bergantian? Pendapat anda kami tunggu pada kolom komentar.

0 komentar:

Posting Komentar